CIREBON Untuk Kuliner

Siapa yang ga kenal dengan kota empal gentong ini. Sebelumnya saya belum pernah travelling dengan tujuan utama kuliner, ya paling pas kesuatu tempat kalo laper mampir ke tempat makan khas setempat.
Tapi kali ini tujuan utama saya ke cirebon adalah KULINERAN. Ini berawal dari Whats-up annisa yang ngajakin jalan ke cirebon buat berburu empal gentong + penasaran sama kota Cirebon. Sebenarnya saya juga belum pernah jelajah cirebon, selama ini hanya mampir saja.
So waktu sudah di tentukan langsunglah beli tiket kereta + penginapan. Naik cirek pagi jam 6 sampe cirebon jam 9.
Sampe di cirebon langsung ke penginapan, kita nginap di Hotel Selamet. Dekat banget dari stasiun dan tarifnyapun murah meriah. Karena kita berlima, maka kita pesan Family Room, sehari Rp. 250.000. Jadi seorang pete-pete Rp. 50.000.
Hotel Slamet cukup jalan kaki dari stasiun, dari stasiun jalan lurus ke arah tugu kereta lalu belok kanan jalan lurus, ketemu Hotel Amaris tinggal nyebrang itu dia hotelnya. Sebrang-sebrangan sama Amaris.
Cirebon puuuaaanaasssnya minta ampun, mungkin karena dipesisir kali yak..tapi disini yang unik adalah rute angkotnya. Customize banget rutenya, tergantung penumpang mau kemana..:)) ini nih yang dibilang sapi, naik angkot aja, nanti bilang mau kemana biar ga lewat juga di lewatin..daaaannn it’s work..:)
Tujuan utama saya adalah empanl gentong Mang Darma, lokasinya kalo dari hotel slamet tinggal lurus saja, naik angkot dari sembrang hotel lalu bilang lewat Empal Mang darma kang? Pasti dijawab..lewat..lewat..hayuk di anter..:))
Ini empal gentong enak, cabenya pun cabe bubuk ga pedes tapi bikin panas..:)
Abis dari empal, langsung menuju Goa Sunyaragi. Pas browsing tempatnya eskotis banget pas untuk foto-foto. Dari Depan Mang darma kita naik angkot biru tujuan Cirebon Mall dari sana kita ganti angkot menuju goa. For sure gw lupa no berapa, tapi seperti biasa..mang lewat goa sunyaragi? Lewat..lewat..hayukkkk…

Gambar
Goa ini rame banget muda mudi pacaran, memang eksotis tempatnya, tapi saya ga dapet angel poto yang bangus..:(
Lama main-main di sunyaragi, langsung menuju pusat batik cirebon. Banyak banget butik-butik sepanjang jalan tapi ada satu toko yang geda banget yang ngejual secara grosir. Kalau dilihat-lihat harganya ada yang 50000 untuk daster sampe jutaan untuk baju batik dengan model & bahan tertentu. Sama aja sie dengan batik-batik di solo. Tapi sayangnya ga ada pasar semacem Klewer – di solo dan Bringharjo – di Jogja.
Sepulangnya mampir lagi empal gentong H. Apud, kali ini empal gentong versi asem. Sebenarnya hampir mirip dengan sop kalo menurut saya, tidak bersantan kuahnya segar asemnya dari belimbing sayur. For sure saya lebih suka empal gentong santen Mang Darma, rasanya lebih gurih…

Cape keliling-keliling kenyang karena makan dan hujan deras, akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke hotel untuk menunggu hujan reda dan bersih-bersih diri.

Pukul 20:00 perut sudah laper lagi..eeheeeheee..langsung aja cari mie kocok. Hujan dingin paling enak di panasin dan dikocok dengan mie kocok… mie kocok yang kita sambangin adalah mie kocok Mas Edi dekat dengan pasar dan martabak Queen yang tersohor itu. Kenyang makan mie kocok + martabak kenyang lalu kembali ke Hotel. Sampe hotelpun masih ngemilin martabak…yaaasaaaalaaammmmm…

Pagi harinya bangun siang, lalu lanjut cari oleh-oleh ke pasar kanoman. Pas dipasar saya lihat ada kue tapel. Kue ini seperti crepes, tapi dalam versi tradisional. Ada berbagai macam rasa, pisang original, pisang coklat+keju, pisang coklat & tapel original.
Beli satu ternyata kurang..sampe-sampe setelah makan nasi jamblang di Mang Dol saya balik lagi ke pasar untuk beli lagi itu kue tapel. Aaaaaaa nagih bener sumpah..sampe-sampe saya minta no telepon itu teteh..:)

Perjalanan kali ini bener-bener untuk kuliner, dan ternyata asyik banget..:)

One Fine Day At Goa Sunyaragi

Take Your Journey And Have Fun..:)