Pahawang

Sudahkah anda dengar Pahawang?

Ya.. Pahawang negeri gajah ini sedang tersohor-sohornya dengan Pulaunya yang cantik. Kalau sebut lampung pasti ingat pahawang dan kiluan. Dan lagi-lagi saya kemakan ajakan kawan yang sedang kecanduan jalan..haahaahaa yaa..sayapun kecanduan sebenanya..:)

Kali ini saya jalan bareng Cahe, karena tiga kawan saya sedang tidak cucok waktunya, dan hasrat jalanpun tak tertahankan. Laut..ke lait aku kembali..:))

Ini kali kedua saya ikut open trip, dan sempat agak kikuk..karena banyak banget orangnya, tapi saya pikir ini saatnya kenalan dan buka wawasan belajar ngenal cara pandang orang..(sumpah yang ini gw ga ngerti maksud dari kalimat yang barusan..)
Kali ini saya ikut bareng Muda, entah apa nama Travelnya yang saya tau nama kordinatornya Muda. Kebetulan dia teman kawan saya, yang saya kenal ketika jalan ke Takabonarate. Saya sempat cerita ke kawan saya itu ingin tau pulau lunik dan Balak yang katanya masih lebih bagus ketimbang Pahawang dan Kiluan. Lalu dia merekomendasikan Muda yang emang punya jadwal dalam waktu dekat kesana. Tadinya sempat kepikiran untuk jalan sendiri saja, tapi hitung punya hitung akan lebih mahal bila jalan sendiri or berdua. Karena cuma berdua jadi saya pikir ga ada salahnya join dengan Muda. Beberapa kali Whatsapan tanya ini itu, akhirnya join juga..dengan jadwal meeting point jam 8malam di Slipi Jaya. Dari kantor saya sudah bawa peralatan perang dan my baby black cressi..:)

Proses kenalan ga lama, lalu lanjut naik bus menuju merak. Sungguh baru kali ini saya merasa lama perjalanan Jakarta Merak (biasanya langsung tidur makanya ga tersa) alhasil karena keboringan saya, ketika bis mulai kosong di daerah cilegon saya pindah pindah duduk. Sempat bikin pusing kernetnya, dikira saya penumpang baru pas disamperin ternyata bukan.. Sampe 3kali itu abang nyamperin dan akhirnya dia bilang “Neng kalau mau pindah lagi, teriak Ja ya saya pindah mang” haahaahaaa…

Tepat jam 12 sekian sampai merak, mata agak ngantuk si Muda teriak-teriak suruh cepat jalan..baiklah dengan kekuatan bulan dan tarikan tangan cahe saya bisa juga ngejar Muda..*maaf dalam hal ini kapal yang sesungguhnya di kejar..
Masuk ke dalam kapal, kesan pertama Ok juga nih..bersih dan terlihat lux..tapi setelah sejam duduk..saya sudah berpikiran lain..dua jam duduk makin berpikir yang gak-gam.. Tiga jam duduk ajak Cahe pindah keluar..Karena apa???? AC nya mati!!!! Cuma lelaki yang duduk disebelah saya aja, yang bisa bikin saya punya alesan untuk duduk manis lima menit…haahaahaa…*mayan manis cint.. :)) tapi lima menit berlalu, ga betah juga..alhasil saya ajak cahe tidur di luar saja, beratapkan rembulan yang sedang bulat-bulatnya..:)

Tepat jam 4 pagi lebih sekian saya berlanuh di bakahuni. Dari sini kami sudah di jemput oleh mini bus untuk menuju pelabuhan penyebrangan ke pahawang. Aroma laut sudah mulai tercium.. Ahhh jadi segar…
Pemberhentian pertama kami untuk snorkeling adalah spot maitem, yaaaa buat saya ini spot kuburan..karang-karang mati dan pasir saja pemandangannya..:(
Spot kedua adalah sekitar maitem, lupa namanya..tapi lumayan lah..hanya saja jarak pandang sedang tidak bagus..
Lalu sebelum ke balak kami mampir ke homestay terlebih dahulu..kali ini homestay ada di pahawang besar.
Pemilik homestay yang saya tumpangi adalah kepala desa setempat. Sempat ngobrol-ngobrol mengenai awal mulanya pahawang ini terekspose dikalangan traveller, ternyata mulainya berawal dari pendatang yang meneliti kawasan butan bakau sekitar, dari situlah pahawang mulai banyak pendatang untuk diving or sekedar snorkeling atau mancing.
Siang harinya akhirnya saya menuju pulau balak dan lunik, jujur saya berharap banyak dari spot ini. Setelah dua spot yang sebelumny sungguh mengecewakan..daaannn samapun dunk.. Di dua pulau ini lebih banyak karang hard..variasi soft koralnya minim sekali. Bukan komposisi yang saya suka..not my favorite spot pemirsaaaa… gak berlama-lama nyelem akhirnya mainan di pantai saja. Narsisan sama Cahe dan Empat kawan baru saya (Mira, Febi, Indri dan Ana)
Untuk garis pantai bisa dibilang bagus.. Membujur luas, cucok untuk peminat lanscape.

IMG_0861

IMG_0851

Untuk saya pribadi pahawang bukan spot favorite untuk menikmati underwater, tapi cukup mengesankan untuk menikmati garis pantai dan keindahannya..:)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s