Ada Apa Di Sumbawa???

Dengar SUMBAWA orang akan berpikir ooohhh NTT ya..? dekat kupang?

Yaaa dekat sih, tapi masih butuh berjam-jam lagi untuk sampai sana..

Bukan..bukan di NTT, Sumbawa ada di NTB. Masih seberangnya Lombok. jadi Sumbawa dan Sumba itu berbeda lokasi ya? Iya…Jadi Sumbawa dan Sumba dibatasi oleh selat ..*ini kalau ga salah ya, saya ga buka peta ketika menuliskan ini.

Akhir dan awal tahun (2014 menjelang 2015) saya ada kesempatan untuk overland Jakarta – Surabaya – Bali – Lombok – Sumbawa – Lombok, selama dua minggu. Dan kemana aja sih selama di sumbawa? Let’s me tell you..

Dari jaman kuliah pas awal-awal kecanduan jalan, saya pernah bilang “gw mau ke Pulau Moyo, Masa si charles sama Lady Diana udah kesana gw belom” dan niatan itu baru terkabulkan setelah 8 tahun berselam.

Saya mulai perjalanan dari jakarta dengan jalur darat. Semua perjalanan ini dilakukan dengan mengandalkan angkutan umum, kaki, GPS hidup (tanya penduduk setempat), dan sesama pejalan ketika papasan.

Pulau Moyo

Best Place untuk merasakan kehidupan lain dengan kesederhanaan ala penduduk lokal. Hutan yang terjaga, keramahan penduduk khas timur tidak sepadan dengan kesangaran wajah mereka. Setiap kali jalan pasti disuruh mampir.

IMG_2630

Nginap dimana di moyo? Ada dua hostel yang beroprasi, posisinya dekat dengan dermaga Labuan Aji. Tapi kali ini saya menumpang di rumah penduduk setempat. Tepatnya di rumah Pak Ismail, kebetulan ketika sedang mencari penginapan yang sesuai dengan kantong, saya berpapasan dengan beliau. Dan ia bertanya hendak kemana, langsung saja saya utarakan maksud tujuan saya. Namun gayung bersambut, dia berkata “tinggal di rumah anak saya saja, kalau anak mau. Tidak bagus memang, tapi bisa untuk berteduh”. Aaaaaa…senang hati bukan main, langsung saja saya “iya-kan”.

Pak Ismail ini punya anak bernama Bu Juriah, mantunya bekerja di “Aman Resort”  resort termahal di Indonesia, semalam katanya bisa mencapai Rp. 10.000.000,- exclude meal & biaya charge lainnya.

Berkenalan dengan keluarga ini sungguh menyenangkan. Ngobrol dan becanda dengan ketiga anaknya sungguh membahagiakan. Banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang saya dapat, cerita mengenai prilaku warga lokal, para tamu yang datang ke aman resort or yang hanya singgah untuk ke MATA JITU.

MATA JITU WATERFALL

Apa sih yang terkenal dari Pulau ini?  Selain underwaternya, air terjunnya terkenal banget. Sebenarnya ada beberapa air terjun di pulau ini. Namun yang terkenal banget itu Mata Jitu. Dan memang benar-benar jita banget dimata.

IMG_2541

Lokasinya ada didalam hutan lindung, kita harus berjalan sekitar sejaman untuk sampai disana. Penduduk lokal memanfaatkannya untuk menghidupi kebutuhan air mereka sehari-hari.

Selain mata jita sebenarnya masih ada lagi beberapa air terjun yang katanya masih belum banyak orang tahu, dan untuk menuju kesana perlu tenaga ekstra banget-banget

Pulang dari Pulau Moyo, saya mampir ke Pulau Kenawa & Paserang.

Pulau Kenawa

Pulau ini tak berpenghuni, jadi kalau mau nginep ya tinggal diriin tenda atau numpang di gubung-gubung nelayan yang ada di pulau tersebut. Alhamdulillah saya ketemu beberapa pejalan yang berasal dari Bandung dengan tujuan yang sama untuk nge-camp di Kenawa.

Pulau ini punya view yang Tjakepppp banget dari atas bukit. Bila kalian naik ke atas bukit ini, kalian bisa memandangi hamparan pasir putih, birunya lautan dan ratusan bukit disekitarnya..

Pulau ini punya vegetasi yang uni, bila musim kemarau rumput-rumput dikenawa akan berubah menjadi coklat. Namun ketika kalian datang di musim penghujan rumput-rumput tersebut berubah warna menjadi hijau.

IMG_2485

Underwater pulau ini pun masih termasuk alami, karangnyapun masih terjaga baik walaupun ada dibeberapa sisi yang sudah rusak. Semoga keaslian pulau ini tetap terjaga ya..

Pulau Paserang

Underwaternya Supeerrbbbb!!! Begitu kapal berlabuh dari atas kapalpun sudah bisa dilihat hamparan karang-karang tjantik…

Oya dipulau ini akan dibangun resort, ketika saya kesana sempat ngobrol  dengan pengelolanya. Mereka berencana untuk bangun resort di pulau ini. Katanya akan dibangun sekitar 350 pondok. Dan diatas bukitnya akan dibuat kolam renang..

IMG_7438

Agak sedih sih, resikonya keasliannya akan sedikit demi sedikit hilang. Tapi disatu sisi hal seperti ini menjadi pemasukan untuk daerah setempat dan pekerjaan untuk penduduk sekitar. Yahh semoga saja, semua pihak sadar akan kualitas lingkungan yang baik dan tetap mengupayakan untuk menjaga keaslian pulau.

IMG_2703

Mata mana yang ga bikin jatuh cinta, lihat seperti ini.. 🙂

 

How to get Moyo Island:

  1. Dari Lombok, ambil Damri Menuju Sumbawa Besar. Turun di Terminal Sumbawa Besar, lalu Naik ojek ke Pelabuhan Mulut kali. Biaya ojek dari Sumbawa Besar ke Mulut Kali Rp. 10000.
  2. Kapal Dari Mulut kali ke Pulau Moyo ada setiap hari apabila cuaca mendukung. Kapal akan jalan dari Pulau Moyo Ke Mulut Kali di pagi hari, sekitar pukul 6:30. Dan akan berlayar dari mulut kali ke pulau moyo pukul 13:00 (mereka menunggu penumpang/penduduk kembali dari belanja di sumbawa besar). Harga sekali jalan Rp. 25000.
  3. Pendatang akan dimintai administrasi sebesar Rp 25000 untuk kas desa. Dan memang benar biaya itu untuk keperluan desa (info dari penduduk).
  4. Banyak pemuda lokal yang menyediakan jasa sebagai guide untuk mengantar Mata jitu, dan beberapa lokasi lain. Untuk biaya sewa motor ke Mata Jitu satu orang kena Rp.100.000,- tapi bila kalian mau jalan kaki, bisa juga.. ada baiknya untuk ke mata jitu berangkat pagi sekitar jam 07:00. Karena tamu dari amanwana biasanya akan datang pukul 10:00. Dan kita harus bergantian dengan mereka, jadi harus nunggu dulu.

How To get Kenawa & Paserang Island:

  1. Karena saya datang dari Sumbawa Besar, maka kalian ambil Bus dengan tujuan Poto Tano. Turun di depan pintu masuk dermaga kenawa. Posisinya bila dari sumbawa besar, sebelum masuk pelabuhan Poto Tano ada disebelah kanan jalan.Harga sewa kapal untuk menuju mengantar ke kenawa dan menjemput keesokan harinya lalu jalan menuju paserang sebesar Rp. 250000 untuk satu kapal. Kapasitas kapal bisa muat untuk 7 orang.
  1. Bila kalian berencana untuk nge-camp namun tidak membawa tenda (seperti saya), kalian bisa berteduh di gubuk-gubuk yang ada dipulau ini. Hati-hati gubuknya beberapa sudah reot, dan terbuka. Jadi siap-siap pakai baju hangat ya..karena anginnya kencang sekali ketika malah hari.
  2. Di paserang sedang dibangun resort, pemiliknya baik sekali. Mereka ngijinkan untuk bermalam disalah satu pondok yang sudah jadi dengan catatan asal mau gabung dengan karyawan mereka. Bisa jadi alternative menginap bila tidak mau kehujanan dan kedinginan.
  3. Karena Kenawa pulau tak berpenghuni & paserang sedang pembangunan, maka bila kalian ingin snorkeling atau diving harus bawa alat sendiri ya… belum ada operator yang menyediakan cinnntttt….
Iklan

3 responses to “Ada Apa Di Sumbawa???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s