The Hidden Secret of Gorontalo

Diving Di Gorontalo Harus Pakai Perasaan, Kalau Sudah Sayang Ingin Kenal Lebih Dalam..

Dan itu benar banget.. setiap kali nyemplung ga terasa udah di 20m sampai-sampai 33m. visibility cenderung bagus sekali, jadi bikin gak sadar bahwa sudah melebihi batas kedalaman seharusnya…

Ini kali pertama saya mengunjungi Gorontalo, sejak awal tujuan ke tempat ini adalah untuk diving di perairan Taman Nasional Ole-ole. Jarang terdengar memang mengenai taman laut ini, cenderung kalah tersohor dengan Togean, Bunaken ataupun Raja Ampat. Tapi siapa sangka, didalam taman laut ini banyak tersimpan keindahan laut Nusantara.. yang menjadi ciri khas taman laut tersebut dan menjadi satu-satunya alasan para diver dalam dan luar negeri berkunjung ke taman laut ini. Salvador Dali Sponge atau Petrosia lignosa adalah yang dicari-cari para diver ini untuk berkunjung ke sini.

IMG_3524

Keindahan bawah laut Gorontalo ini dinilai spektakuler. Dari ratusan titik penyelaman yang bisa dinikmati, baru 38 di antaranya yang telah diberi nama dan setiap titik diberi nama sesuai dengan ciri khasnya.

Perairan yang tenang tidak berarus karena terletak diteluk, menjadi garansi utama bagi diver yang gemar menyelam dalam (deep dive). Menyelam dalam bisa dilakukan hampir di semua titik di perairan ini.

Pengalaman seru “cave dive” bisa dinikmati saat menyelam di spot Gua Jin, Taman Laut Olele yang berada di Kabupaten Bone Bolango. Gua Jin merupakan tebing karang yang terbelah membentuk sejumlah gua dengan ukuran berbeda-beda. Suasana misterius dengan keragaman biota lautnya membuat titik ini menjadi salah satu favorit penyelam. Tapi kebanyakan setelah menyelam di goa jin ini pasti akan bertanya-tanya “Mana goa nya?” saking besarnya gak ngeh kalau sudah ada di dalam gua. mungkin kebanyakan kita mengira bahwa gua itu kecil.. ini gua jin bung, bukan gua tikus yang kecil.. heeheeheee

goa jin

Bagi pecinta foto underwater micro beragam jenis kuda laut, nudibranch, octopus hingga ikan frog, tersedia hampir disemua titik penyelaman dan gak kalah cantiknya dengan Lembeh.

Bagi yang senang berburu wreck dive (Bangkai Kapal), ada tiga titik penyelaman yang bisa dijelajahi. Yaitu di lokasi tenggelamnya kapal kargo Jepang dan kapal Portugis serta bangkai kapal yang terletak di dekat spot Goa jin (kapal ini adalah kapal salah satu nelayan setempat yang karam).

IMG_3806

Karena posisinya berada di teluk, makan perairan disini cukup tenang. Menyelam di sini bisa dilakukan hampir sepanjang tahun. Namun, musim terbaik untuk menyelamnya adalah bulan November hingga Januari. Jika di daerah lain pusat penyelaman semua tutup karena cuaca yang ekstrim, justru pada saat itu Gorontalo menjadi tempat paling aman untuk menyelam di Indonesia.

Nikmatnya hidup di Indonesia..

 

Note:

  1. Penerbangan dari jakarta ke Gorontalo, dilayani oleh beberapa maskapai. Tempo waktu saya ambil direct flight dengan garuda transit 30 menit di makassar.
  2. Di Gorontalo ada dua Operator Diving; salah satunya adalah Miguel’s Diving. Miguel’s adalah operator lama di Gorontalo, pemiliknya bernama Rantje Allen. Saya sangat recomen operator dive ini..
  3. Ada banyak penginapan dikota ini, tempo waktu saya menginap di Grand City Hotel. Kamarnya nyaman, dan dekat dengan pusat kota.
  4. Transportasi yang paling banyak dan sering digunakan adalah Bentor (becak Motor). harga untuk jarak terdekat adalah Rp. 5000 untuk jarak menengah biasanya sekitar Rp. 15000.
  5. Umumnya penduduk disana sangat ramah dan baik sekali. Bagi mereka pendatang yang berkunjung ke Gorontalo adalah keluarga jauh yang mengunjungi mereka, sehingga mereka akan membantu dan menjamu dengan senang hati.
  6. Oleh-oleh khasnya adalah Kue PIA. ada berbagai manam merek pia disana, tapi yang menurut saya paling enak adalah Pia Saronde. Tokonya ada di seberang Mall Gorontalo. Satu kotak Isi 10 buah harganya Rp. 40.00. Bila mau beli kain karawung, bisa langsung ke pengrajinnya atau ke pasar lama. ada beberapa kios yang menawarkan, kisaran harga dari Rp. 55.000 sampai dengan ratusan ribu. Tinggal pin
Iklan

One response to “The Hidden Secret of Gorontalo

  1. Ping-balik: Pesona Pulau Saronde – Voyage & Return·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s