Good Food, Makan-makan di Bangkok

Budaya, Heritage dan… Kuliner! Itu yang harus dicatat ketika jalan-jalan ke Thailand. Iya, untuk siapapun yang datang ke sini wajib hukumnya untuk mencoba wista kuliner. Apalagi kalau kalian datang ke Bangkok. Kenapa? Karena katanya masakan Thailand ini diakui sebagai salah satu yang terlezat di dunia dan ragam desert-nya terkaya! Kalau enggak percaya, cobain sendiri deh!

Kulineran di Thailand ini hanya lezat aja, harganya juga cukup ramah kantong! Bahkan untuk saya yang jalan dengan dana sedikit cekak. Harga makanan kadang setara atau bahkan lebih murah dari jakarta. Misalnya ada makanan yang harganya sekitar 80 baht atau 30 ribuan juga masih bisa ditemuin. Kemarin saya coba beberapa cemilan yang menurut saya yuuummmyyyy..

Mango Sticky Rice

Saya nyobain Mango Sticky Rice ini di Mango Tango. Restaurant yang menjual aneka hidangan penutup yang bahan dasarnya terbuat dari mangga. Masuk restaurant ini, aroma mangganya terasa banget. Takti dagang mereka pintar setiap pengunjung harus memesan satu makanan/ minuman jadi kalau kalian datang berdua atau berlima sekalipun, kalian harus pesan lima menu. Oya warga lokal menyebut mango sticky rice ini dengan Khao niew mamuang, yaitu makanan berupa ketan bersantan dengan mangga. Mango Sticky Rice ini wajib banget dicoba. Sudah pasti Mangga itu ena kan? Nah kalau ditambah dengan ketan bersantan yang gurih nan legit gimana? Surga dunia!

img_2731

Mulut kalian akan bahagia, ngunyah tanpa henti, bahkan mungkin bakal nambah lagi. Empuknya daging buah mangga yang manis nan juicy, dipadu gurihnya ketan bersantan, siapa yang bakal lupa?

img_2732

Buat nemuin si Mango Sticky Rice ini cukup mudah, banyak banget yang jual di pedagang kaki lima di pinggir jalanan Bangkok. Namun menurut saya yang di Mango Tango ini buah mangganya beda, rasanya lebih juice entah tipe mangganya atau cara mereka memilih bahan dasarnya yang pas ya.. saya sempat mencoba menu lain disini, dan tetap loh enak.. semua enak…

Ice Mango Sticky Rice

img_2728

Karena saya masih belum bisa move on dari si Khao niew mamuang alias Mango Sticky Rice, saya coba yang versi Ice-nya. Kali ini saya mencobanya di salah satu café kecil yang dekat dengan Siam Center, namanya After You. Jadi si mangga ice ini disajiin dengan snowy ice with mango juice filled with sticky rice and mango cubes. Enaaakkk banget.. seger rasanya..

 

Sticky Toffee Toast

img_2769

Masih di After You, saya coba menu lain yang mana menu ini adalah Roti bakar yang diatasnya dikasih caramel dan es vanila serta gula halus. Jadi bisa banyangin kan rasanya maniiissss bangettt… oya ada irisan kacangnya juga, rasanya crunchy.

Thai Tea

Weekend di Bangkok kemana lagi kalau gak ke Chatuchak. Sumpah ini pasar surga dunia banget… segala kebutuhan sandang pangan papan ada semua.. dan disini aduuhh banyak makanan dan minuman yang sifatnya instagram banget.. eheehee

img_2771

Jadi tujuan utamanya adalah cari Thai Tea, saya bukan pencinta susu bahkan sangat menghindari segala makanan dan minuman yang terasa banget susunya. Hanya saja pas coba Thai Tea ini rasa susunya gak berasa banget.. terus ketagihan.. haahaaa

Bapak penjual thai tea di chatucha ini terkenal banget loh.. setiap kali bikin thai tea ini, dia pasti sambil gaya muter-muter dan gampang banget ditemuin karena bajunya sama terus.

 

Coconut Ice Cream

img_2701

Masih di Chatuchak, liat es krim kayaknya seger banget jadilah beli. Yang menariknya ice cream inidisajiin pake batok kelapa, dan memang ada kelapanya didalamnya. Sayangnya Ice cream-nya hanya rasa vanila saja, untuk pilihan topingnya lumayan banyak kemarin saya pilih toping kacang dan nata de coco.

 

Mix Fruit Ice

img_2702

Entah apa nama resminya, tapi pas jalan dan di dukung dengan panasnya bangok pilihan tepat banget beli ice ini. Nama booth nya Any Fri Day, ada banyak pilihan minuman disana tapi pilihan saya jatuh di Ice Mix Fruit ini. Rasanya sedikit asem, tapi seger dan kalau dilihat seperti ada sodanya.. tapi pas dicicipi gak berasa banget sodanya.. pas lah buat penyejuk tenggorokan.

Honey Mango

Jadi ya, karena saya penasaran sama jenis mangga-nya Mango Tango maka jadilah saya berburu mangga tersebut. Di Bangkok ada satu pasar buah terbersih dan terapi yang katanya termasuk pasar terbaik ke 5 di dunia.. dan emang, masuk ke pasar ini kayak masuk swalayan Cuma bedanya gak ber-AC aja.. namanya Or Tor Kor Market.

img_2768

Niatan awalnya buat cari duren, tapi pas sampai sana saya malah beli Mangga.. walaupun juga beli durennya sih, Cuma mangganya sangat berkesan banget di lidah dan ingatan saya.

img_2748

Ternyata nama mangganya Honey Mango, sumpah kalau disuruh buat jelasin rasanya susah.. enak banget soalnya, manis tapi ga lembek.. cobain sendiri deh ya..

Luk Chup

Kue ini lucu banget, sekilas kayak buah-buahan versi mini. Sayang banget sebenarnya kalau dimakan, enak dilihat soalnya.. sebenarnya waktu kecil saya sering dikasih sama tante saya kue ini, tapi gak tau namanya apa. Di luar seperti ager-ager padat pas gigitan pertama….eemmmm kayak gigit ager yang padat. Dalamnya adalah gilingan kacang ijo, rasanya manis tentunya..

13694855_216031198797459_822604050_n

Luk chup manya dijual ditoko-toko kue di bangkok, di  or tor kor juga banyak yang jual..

Khanom Bueang

Ini crepe versi thailand. Saya pertama kali coba ketika baru tiba di khao yai, kebetulan van yang saya tumpangi berhenti pas disebelah pak chong night bazar. Kesan pertama lihat kue ini, saya kira rasanya akan gurih, karena diatas kue ini ada semacam parutan wortel (awalnya saya kira itu wortel) tapi pas dimakan ternyata manis. Toping diatas yang semula saya kira itu parutan wortel ternyata buan, kalau sini mungkin seperti manisan rambut nenek hanya saya tekstur nya yang lebih tebal.

12231070_1670337556583858_1395045778_n

Khanom Bueang, banyak di jual di street food uurannya ada yang besar dan ada yang versi kecil. Hati-hati nagih ya..

Masih banyak kuliner lain yang belum sempat saya coba, kalau ditanya mau balik lagi ke Thailand? MAU BANGEEETTTTT… *murahan kalau soal jalan dan makan.. eheehee

 

Where To Buy:

  1. Mango Tango, umumnya harganya sekitaran 130 Bath ke atas, ada yang 80 an itu minumannya. restaurant ini menerapan one people one menu, jadi kalau kamu datang berlima, kamu harus pesan lima menu. lokasinya ada di Siam Squares Soi 3, cukup gampang mencari tempat ini.
  2. After You, lebih bersahabat kalian bebas pesan menu tanpa minimal people to order. Untuk harga menurut saya agak lebih mahal sedikit dari Mango Tango untuk satu menu sekitaran 180 a Bath ke atas. lokasinya persis di sebelah siam paragon.
  3. Chatuchak, siapa yang tau pasar ini. Disini banyak banget makanan dan minuman yang dijual, semua menarik kalau menurut saya. Siapin dana dan perut anda buat nyobain semua jajanan yang dijual disini, pilihannya juga banyak. Untuk harga bervariasi, kemarin saya beli Ice Mix Fruit 80Bath, Coconut Ice Cream 120Bath, Thai Tea 90Bath.
  4. Or Tor Kor Market, buat menuju pasar ini gampang banget naik MRT dari Chatuchak turunnya satu station aja, turun di Kamphaeng Phet station. Harga 1 mangga 50bath, tapi worthed.. pasar ini gak cuma jualan buah, layaknya pasar segala kebutuhan rumah tangga ada semua.
  5. Street Food Market, bangkok terkenal banget sama street Food Market terbesar di asia. Dan buat saya ini menyenagnkan sekali 🙂 patokannya adalah kalau banya orang disitu pasti ada food market. arena saya agak selective buat cari makan (saya mencari makanan yang tidak mengandung BABI), maka saya ke distric Ratchathewi. Disini sepanjang jalan berjajar Street Food mulai jam 6 Sore sampai Jam 10 Malam, makanan yang dijual hampir sama dengan street food ditempat lain hanya saja disini saya lebih merasa aman karena mayoritas pedangannya Muslim, jadi Halal.. 🙂 harga satu mangkok Mie plus Bakso dan Daging (kalau disini seperti Soto Mie Bogor) 50 Bath, satu porsi Martabak Pisang 50Bath juga.. Murahkan.. 🙂 untuk menuju sini kalian bisa naik BTS arah silom lalu turun di Ratchathewi.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s