Balada Overland Flores

Rasanya seperti kesamber petir saat menghitung nominal dana yang harus disiapkan untuk overland trip ke Flores. Perut saya mendadak melintir dan kepala nyut-nyutan saat melihat hitungan perkiraan budget yang saya buat, dan itu belum termasuk untuk budget diving. Saya cuma bisa melilit jari-jari tangan saya di ujung baju sambil berfikir keras mempertimbangkan impian lama saya untuk overland Flores.

Mengingat dana yang akan dikeluarkan bukan dana becandaan. Beberapa tahun yang lalu saya pernah menggagalkan keinginan untuk pergi perjalanan ini, saya memilih untuk melakukan perjalanan ke Chengdu & Jiuzhaigou. Herannya, dana yang saya habiskan dalam perjalanan tersebut jauh lebih bersahabat bahkan lebih murah daripada dana overland dari Maumere sampai Labuan Bajo. Hal ini yang menyebabkan bukan hanya saya saja, tapi banyak juga teman maupun kenalan akhirnya lebih memilih untuk melancong ke luar negeri.

Overland trip yang akan saya lakukan bersama dengan teman-teman adalah menyusuri pulau flores dari atas (maumere) lalu turun kebawah samapai Labuan bajo. Tentunya selama perjalanan menuju titik terakhir, kami akan singkah dibeberapa kota yang kami lewati. Semakin banyak yang ikut, maka akan semakin ringan budgetnya karena biaya yang terbesar untuk trip ini adalah biaya untuk sewa kapal sailing komodo dan sewa mobil dari maumere sampe labuan bajo. Jadi buat menekan budget tersebut, tentunya harus pergi secara group biar lebih ringan sharing budgetnya. Kebetulan saya pergi dengan beberapa kawan yang baru saya kenal melalui forum BPI dan teman dari teman yang sudah haus akan lautan, kami berenam. Pas itung-itung budget lagi (udah dibagi rata), masih aja mahal.. cari trik untuk pindah arah, menghilangkan beberapa spot  yang akan dikunjungi tapi masih diatas 4 jutaan exclude hitungan tiket PP dan ini belum sama biaya kalau saya mau ngedive ya… karena rencananya saya ingin diving di maumere. Kenapa maumere? karena lokasinya yang agak kedalam sehingga arus lebih tenang ketimbang di komodo yang sulit di prediksi.

Setelah nimbang-nimbang budget ini itu, akhirnya saya iseng-iseng contact mba Wanty. Mba Wanty ini sering sekali bolak balik Labuan bajo, bahkan mungkin itu rumah keduanya. Saya tanya apakah ada rencana trip ke maumere, dan saya langsung tembak dengan intenary yang kami inginkan serta perkiraan budget-nya. Dan ternyata harganya bisa lebih terjangkau dengan catatan bila yang ikut 10 orang, dan sayangnya sampai dengan mendekati jadwal keberangkatan jumlah peserta yang ikut tetap 6 orang. Akhirnya kami memutuskan untuk plan jalan sendiri, mulai start dari Maumere sampai dengan Labuan Bajo. Mulai dari Booked penginapan, contact Driver di Maumere dan Ende untuk overland, sampai dengan internary perjalanan yang kami sesuaikan dengan keinginan hati.

Untuk sailing komodo kami meminta bantuan dari Mba Wanty, mengingat pas banget long weekend dan kapal sudah banyak di booked oleh travel agent.

Dengan tekad sebesar baja, walaupun dengan keadaan finansial yang sedang terseok-seok, saya berusaha menyisihkan uang setiap bulannya demi trip ini. Kampanye “Perencanaan Keuangan” ala Ligwina Hananto seketika luluh lantak dan saya mulai menyisihkan uang dengan menutup mata saat ada sale, bolos nonton ke bioskop, dana kongkow dan ajrut-ajrutan nonton onser dikurangi secara signifikan. Saya rela melakukan apa saja asal bisa keliling Flores! Percaya gak percaya, saya mengambil inisiatif untuk membuka tabungan berjangka untuk 6 bulan kedepan. Kami merencanakan perjalanan ini kurang lebih 8 bulan sebelumnya, dan kalau dihitung sampai dengan keberangkatan paslah dana tabungan saya cair.

Penasaran berapa besar kira-kira dana yang dibutuhkan untuk overland Flores + Diving? Itungan saya kira-kira menghabiskan dana minimal 7 juta. Tiket pesawat Jakarta – Maumere – Labuan Bajo – Jakarta sekitar 2.9 juta, 1 day diving 1.7 juta include alat dan makan siang. Dana share overland plus hura-hura makan disana juga perlu dihitung, Silakan dihitung estimasi total perjalanan ini ya! *Kalkukaltor ilang, balada orang ga pinter matematika*

Seneng banget pada akhirnya semua jerih payah menabung membawa keberhasilan sehingga trip impian ini kesampean.. yang jelas saya senang bisa menyambangi tempat-tempat terindah di flores dan mencicipi keindahan alam bawah lautnya. Mau pergi ke tempat bagus emang butuh perjuangan. Terus terang saya ga menyesal sama sekali menghabiskan uang banyak untuk diving di disini. Karena saya ga hanya punya pengalaman diving yang seru di negeri sendiri, tapi dapat kesempatan untuk menjalin pertemanan dengan beberapa teman baru. Inti perjalanan ini seperti orang bule biasa bilang “The trip was worth it!!”

Jadi, hayuk mulai nabung dari sekarang buat yang pengen keliling penjuru bumi ini. Atau, carilah cara kreatif untuk mendanai perjalanan kamu! Good luck!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s